Sondag 05 Mei 2013

Legenda Danau Tondano


Dahulunya sulawesi Utara, memiliki gunung yang menjulang tinggi. Di lereng gunung itu terdapat kawasan yang terbagi dua wilayah, utara dan selatan. Dan setiap wilayah memiliki penguasa tersendiri Wilayah selatan dikuasai seorang Tonaas (penguasa) yang memiliki putra tunggal bernama Maharimbow.
Dan untuk wilayah utara  juga memiliki penguasanya ssendiri, dan penguasa wilayah utara juga memiliki seorang anak tetapi anak peempuan bernama Marimbow. Penguasa utara ini sering diliputi kerisauan saat memikirkan tentang pewaris kekuasaannya, karena anaknya seorang peempuan. Untuk mengatasi kerisauan itu, ia membuat suatu gagasan yang aneh. Dimana  Ia meminta anaknya untuk berperilaku dan berpakaian laki-laki dan berjanji untuk tidak menikah selama ia masih hidup. Permintaan Tonaas Utara dipenuhi anaknya yang diikrarkan dalam suatu upacara dihadapan para Opo Ompung (tetua). Bila sumpah itu dilanggar maka akibatnya akan terjadi malapetaka di wilayah itu. Sementara itu Tonaas wilayah selatan rupanya memiliki masalah yang hampir sama. Maharimbow diminta untuk bersumpah tidak menikah selama ayahnya masih hidup. Pada suatu hari kedua pewaris kerajaan itu bertemu di daerah perbatasan. Maharimbow merasakan bahwa orang yang dilihatnya itu, meskipun berpakaian seorang kesatria tetapi memancarkan kelembutan seorang wanita. Ia menjadi penasaran ingin mengetahui lebih jauh oang misterius itu. Pada pertemuan berikutnya yang diawali dengan pertengkaran, Maharimbow berhasil membuka tabir bahwa orang misterius itu adalah seorang perempuan. Dan diapun mengetahui bahwa orang misterius itu adalah maharimbow.
Dan akhirnya mereka berduapun saling jatuh-hati.  Dan mereka bersepakat untuk menjadi suami-isteri dan bertekad untuk mempersatukan kedua wilayah. Mereka tidak menyadari telah melanggar sumpah yang pernah diikrarkan.  Dan akhirnya pada keesokan harinya, tiba-tiba tejadi gempa dan gunung meletus yang memusnahkan wilayah itu dengan timbunan batuan dan lahar panas. Kemudian wilayah itu berubah menjadi danau yang sekarang dikenal dengan nama Danau Tondano.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking